Onic Esport Milik RCK, Juara Piala Presiden Esport 2019

GAME MOBILE LEGENDS RESMI DIPERTANDINGKAN.

153

JakartaFox.com –  Ini era baru di dunia Esport dan IT (Information and Technology) di tanah air. Menyusul mulai dipertandingkannya Mobile Legends sebagai game utama di ajang Piala Presiden Esport 2019. Dan yang tak kalah heboh, penyandang gelar perdana Piala Presiden Esport 2019 ini adalah Onic Esport, squad milik Rob Clinton Kardinal (RCK).

Dalam kompetisi yang berlangsung hingga bulan Maret lalu, diikuti tak kurang dari 3.900 tim yang dibagi dalam 8 region. Selanjutnya, delapan tim yang diudang untuk mengikuti final di Jakarta. Dan pada Grandfinal untuk memperebutkan tahta tertinggi Piala Presiden Esport 2019, mempertemukan Onic Esport dan Louvre Esport.

Hasilnya, dari lima kali pertandingan yang direncanakan pada babak grand final ini, Onic Esport menyapu bersih semua poin di tiga pertandingan pertama, otomatis dua babak tersisa tak dibutuhkan lagi. Artinya, Onic Esport menang 3-0 dari Louvre Esport, dan didaulat sebagai penyandang gelar pertana Piala Presiden Esport 2019.

Atas prestasi itu, Rob Clinton Kardinal sebagai owner Onic Esport menerima langsung pialanya, yang diserhakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Hi Imam Nahrawi, di Gedung Kemenpora Jakarta, Senin 1 April 2019. Plus uang pembinaan Rp 400 juta.

“Terima kasih saya sampaikan kepada enam pemain Onic Esport yang telah berjuang hingga mememenangkan kompetisi pertaam Piala Presiden Esport 2019 ini. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Bapak Presiden Ir Hi Joko Widodo dan Pak Menteri Olahraga Hi Imam Nahrawi,” kata RCK usai menerima piala sekaligus uang pembinaan Rp 400 juta.

Rob Clinton Kardinal pun bertekad untuk terus melatih squad Onic Esport dalam persiapan ke ajang internasional yakni Asian Games mendatang. “Tentu saja, kami berharap akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tegasnya.

Sekilas tentang Esport untuk Game Mobile Legends, kini sudah menjadi sebuah industri yang paling banyak diminati oleh publik dunia khususnya di Indonesia. Satu  bukti, pada babak Grand final yang mempertemukan Onic Esport dan Louvre Esport, disaksikan oleh 3 juta lebih pencintanya di tanah air.

Para pemain Onic Esport dengan bangga mempertontonkan Trofi Piala Presiden Esport 2019.

Para pemain Esport seperti ini juga dapat menggantungkan hidup dengan keahlian bermain game. Sebab untuk tim yang profesional, mereka mendapat gaji antara Rp 10 smapai 20 juta per bulan. Tentu saja akan ditambah bonus dari sponsor bila meraih kemenangan. Tak beda jauh dengan pemain sepakbola profesional.

Diketahui, ada satu alasan di balik kehadiran Piala Presiden Esports 2019, yakni didasarkan atas kesuksesan Asian Games yang juga mengadakan esports walau hanya sebatas ekshibisi.

“Setelah gelaran Asian Games tahun lalu, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada esports dan melihat akan adanya potensi besar dari industri ini demi kemajuan Indonesia,” ujar Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko Januari 2019 lalu.

Mobile Legends menjadi satu-satunya game yang terpilih karena masih populer di kalangan gamer Indonesia sampai saat ini.

Piala Presiden Esports 2019 diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Indonesia Esports Premier League (IESPL). (***)

Penulis : Yodi Alfahri

Editor : Sugianto

BAGIKAN